Laman

Rabu, 10 Februari 2016

Duta musik reggae Indonesia ,

Musisi Muhammad Egar atau yang lebih dikenal dengan Ras Muhamad dipercaya menjadi duta  reggae Indonesia. Sosok Ras Muhamad terkesan sederhana. Tak ada ‘bau’ luar negeri meski sejak kanak-kanak,tahun 1993 sampai Juli 2005, tinggal di New York, Amerika. Nama aslinya adalah Muhamad Egar.
Ras berasal dari bahasa Amerika berarti Prince, Pangeran, Putera Bangsawan. Kata ini tersebar penggunaannya di daerah Jamaika, dan pada perkembangannya Ras menjadi istilah sapaan akrab, yang artinya kira-kira Mas, Gus atau Bung. Sebutan ini semula dipakai teman-temannya sesama musisi reggae asal Jamaika di New York untuk menyapa Muhamad Egar, karena nama Egar susah diucapkan oleh lidah asing. Secara resmi ia mengadopsi panggilan itu, menjadi Ras Muhamad.
Pada awal-awalnya, menurut Ras Muhamad, dia prihatin melihat keadaan musik reggae di tanah air yang stagnan dan kurang berkembang. Pecinta musik reggae dan musisinya seperti terkungkung dalam pandangan dan keterbatasan referensi bahwa musik reggae hanya ada Bob Marley.
Perjalanan musikalnya berawal sejak menjelang remaja di Queens, New York. Pernah membentuk band rock, juga dute rap/hip hop, sekitar tahun 2003, Ras Muhamad menemukanciri-nya. Dia mencampurkan cool reggae melodies & rhythmic rap dalam style vokalnya. Perubahan itu proses alami bagi Ras, karena dipengaruhi Rap-nya Public Enemy, Alternative-nya Nirvana, Terror Fabolous-nya Buju Banton yang berwarna Dancehall Reggae, serta Metal-nya Slayer.
Album perdananya Reggae Ambassador, dirilis secara indie Januari 2007, seakan memposisikan Ras Muhamad sebagaialias Duta Reggae Indonesia. Hal ini karena secara psikologisRas Muhamad mengemban beberapa misi, berkaitan dengan musik reggae di tanah air.
“Saya ingin memberi pencerahan kepada masyarakat pada umumnya bahwa musik Reggae dan rambut gimbal tidak identik dengan ganja dan gaya hidup santai tak tentu arah. Sesuai dengan kultur yang dibawa reggae, sebenarnya musisi reggae dan pecinta regage harusberpikir jernih dan memiliki wawasan,” ujar Ras.
Di negara asalnya, lagu reggae memiliki lirik yang sarat pesan dan kritik sosial. Karena itu, bukan sifat reggae jika tidak peduli dan masa bodoh dengan keadaan lingkungan, ketimpangan sosial dan ketertindasan. Reggae sejati punya sifat setia kawan, tidak menang sendiri, tidak merugikan orang lain, dan hal positif lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar